Selasa, 14 Juli 2009

BERBAGI CERITA TENTANG MANCING MANIA


~ jenuh ~



~ ikan pertama ~




~ pancingan terbanyak, small baracuda ~




~ bawal dan kuwe dalam genggaman ~




~ total 57 ekor ikan ~




~ juragan ikan ~


Lagu “yang terlewatkan” SO7 sayu-sayu terdengar . panggilan telepon pak indra mengganggu tidur lelap saya. Jam 03.00 sekarang. Tuhan…, saya punya janji ikut mancing ke perairan kep. Seribu dengan beliau dini hari ini. Mana semalam baru bisa tidur jam satuan karena insomnia saya kembali hadir menemani. Ah, sepertinya ini hari yang berat buat saya, sekaligus menyenangkan.. bergegas saya berkemas setelah menerima panggilan teleponnya.


Dingin angin dini hari menusuk saya yang masih terkantuk dalam perjalanan diatas perahu terbuka yang ditumpangi saya, pak indra, dan rafik, yang dinahkodai oleh pak Dayan, ditemani kedua anaknya, Ari, dan Adi. Jam 04 perahu sudah mulai bergerak menyisir dermaga muara kamal, Jakarta barat. Bulan setengah dengan setianya menerangi jalan kami yang masih gelap gulita. Tapi didaratan sana, ditempat pelelangan ikan, gerak roda kehidupan sudah mulai terasa diantara mimpi2 dan lelapnya tidur sebagian besar warga Jakarta. Gerak roda kehidupan sebagai awal dari wujud mimpi perubahan nasib mereka. Bukan mimpi jutaan orang2 yang sedang terlelap. Meskipun sulit buat saya memahami apakah mimpi-mimpi mereka bisa terwujud. Pak Dayan satu diantaranya, Pagi-pagi buta beliau sudah mempersiapkan perahunya. Memeriksa mesin, solar, dan oli demi kelancaran hajat kami. Mencari sela diantara barisan puluhan perahu yang tertambat didermaga membuka jalan agar perahu dapat keluar dan menuju laut lepas. Mungkin bagi saya, perjalanan ini hanyalah sekedar penyaluran hobi atau pelepas penat dari kesibukan yang rutinitas tapi bagi pak Dayan dan juga pak Dayan-pak Dayan yang lain adalah sebagai awal perubahan nasib mereka, berharap takdir dan nasib baik berpihak pada mereka. dan entah kapan itu dapat terwujud.


Tak sanggup menahan kantuk yang terus menyerang, sayapun terkapar diatas terpal biru beratapkan sedikit bintang dan bulan yang terselimuti awan tipis, hingga pak indra membangunkan saya untuk sholat subuh… Hah..!!! sholat berjamaah diatas perahu bergoyang diatas ombak lautan?? Mana kecil lagi perahunya, Apa bisa? Trus wudhunya gimana? Pak, tayamum aja ya?! Boleh, gak?


Dua jam sudah perahu berjalan mengarungi perairan sekitaran kepulauan seribu hingga tiba di hot spot yang diinginkan. Satu persatu small barracuda atau alu2 orang menyebutnya kami dapatkan. Memang ikan ini yang paling banyak kami dapat selain ikan kuwe, ikar ekor kuning, dan moli2. Semula sempat jenuh saat awal menunggu umpan disambar tetapi belum juga ada yang menyambar. Setelah berpindah lokasi yang tak jauh dari lokasi pertama. Pesta ikan dimulai, total hasil memancing yang kami dapatkan 57 ekor. Luar biasa… atau biasa aja?! Gak tahu juga..


Panas semakin terik membakar. Kegembiraan inipun harus diakhiri.



Satu perjalanan kembali telah dilalui

Bersama mimpi-mimpi yang masih menggantung

Semoga suatu saat mimpi itu bisa terwujud

Seiring roda hidup yang berputar…..

5 komentar:

anteroboy_zenith mengatakan...

lebih baik mancing ikan drpd mancing perkara apalagi mancing keributan.....

coba kalau kamu bilang sama trans7 bisa masuk acara mancing mania tuh....

indra kumkum mengatakan...

Gw juga terkesan dengan dimulainya roda kehidupan di sekitaran Kamal, dan ini sudah gw kagumi sejak 3 tahun silam semenjak "nyandu" mancing...disamping lebih mendalami kehidupan para nelayan, pedagang ikan, pengusaha restoran ikan, sampai tengkulak dll, disinilah tampak sekali perbedaan kehidupan gw dengan mereka....

lifeofgie mengatakan...

masih amatir pak...
betul lebih baik mancing ikan daripada mancing keributan
apalagi hasil pancingannya 57 ekor ikan, he..he..

lifeofgie mengatakan...

iya pak indra...
jd lebih bisa menghargai dan mensyukuri hidup.
karena hidup adalah perjuangan untuk perjalanan yang panjang

percetakan simpati mengatakan...

mantap tuh boss...
saran saya lebih banyaklah mancing
krn kita akan selalu K E T A G I H A N.... Insya Alloh dapat SPOT mancig yg lebih Keren.. Coba deh sekali kali ke BENUANGAN taripnye murah cuma 7,5 jt, bos akan lebih puas lagi... salam dar PETUALANG MANCING..
satu hari bolehlah kita bareng...